Selasa, 17 Maret 2015

SINOPSIS JODHA AKBAR EPISODE 338

Jodha dan Maan singh menemui  Putri tersebut. Jodha bertanya mengapa ia akan melakukan bunuh diri. Gadis mengatakan bahwa pajak yang harus dibayarkan terlalu besar, kecuali kalau ia dan keluarganya menjadi Muslim. Suami nya juga dipenjara karena tidak membayar pajak. Maan Singh minta jodha untuk tidak terlibat dalam semua ini, Jodha mengatakan tidak ini salah. Putri itu mengatakan Jodha tinggal di istana, dan merayakan kelahiran anak-anak secara besar-besaran. Putri menanyakan dari mana uang itu berasal? JOdha berjanji akan memberikan keadilan dan membebaskan suaminya yang di pernjara. Jodha berjanji tidak akan ada yang bunuh diri lagi karena pajak. 
 
Birbal bertemu dengan Tansen. Tansen menanyakan untuk apa dia di sini. Tansen sudah cukup menghibur Raja dengan syair dan lagu lagunya. Namun Birbal mengatakan  bahwa Raja juga menyukai dia karena sudah membuat suasana bahagia di dalam istana. Raja selalu tertawa jika bersama dengan Birbal.
 
Jodha berkata kepada jalal dan mengatakan bahwa gadis itu melakukan bunuh diri karena tidak punya uang untuk membayar pajak. Kerajaan tidak boleh mengambil pajak dari orang-orang miskin. Ruks mengatakan bahwa mereka di bawah kekuasaan Mughal, jadi seluruh rakyat harus patuh kepada Keputusan raja. Ruks mengatakan bahwa Jalal harus mendengarkan pendapat semua istrinya, tidak boleh hanya sayang kepada satu istri saja. Jalal pun mempersilahkan kedua istrinya pergi dan berjanji akan membuat keputusan yang tepat untuk semua ini. Birbal mendengarkan semua itu.

Jalal membahas hal-hal dengan todarmal. Jalal menanyakan bagaimana kondisi keuangan jika pajak jiziya dr Hindu dihapus. Todar mengatakan bahwa kalau pajak dihapus, meka pendapatan kerajaan akan turun. Imam mengatakan bahwa pajak yang masuk sangat besar, apabila mereka mau pindah menjadi Muslim Imam setuju kalau pajak mereka dihapuskan. Syarif juga memberi masukan bahwa gaji tentara berasal dari pajak, apabila dihapus maka tentara akan berkurang, padahal tentara adalah sumber kekuatan dan pertahanan kerajaan. Jalal mengangguk. 
 
Todar bertemu dengan Jodha dan para pelayan Hindu. Jodha berkata bahwa ia datang untuk membayar Jiziya (pajak) karena dia Hindu. dan Jodha berkata bahwa semua wanita HIndu yang ada di istana juga akan membayar pajak. Jalal dan Ruks datang. Ruks berkata bahwa Ratu Jodha bebas terhadap pajak. Jodha sudah memutuskan bahwa semua wanita hindu istana ini juga akan memberikan pajak. 
Ruks berkata kepada Jalal bahwa Jodha datang untuk memberikan pajak Jodha bilang ya, namun Jodha mengatakan bawa ia tidak mempunyai uang.

Ruks, Jalal dan Jodha masih membahas masalah pajak. Ruks berkata bahwa Jodha telah menjadi keluarga namun tidak semua kata Jodha harus disetujui. Dan Ruks tidak mau kalau Jodha menekan Jalal. Jodha mengatakan bahwa dia tidak menekan siapapun, tapi dia hanya berkata yang benar. 
Jalal tetap memutuskan Jodha tidak membayar pajak. Dan mengatakan bahwa Jalal harus menegakkan peraturan kerajaan. Tapi Jodha bersikeras untuk membayarnya. Ruks mengambilnya. Jalal hanya memandangi Ratu Jodha. 



Man Singh mengatakan banyak orang yang berkumpul di luar istana. Jalal keluar dan melihat ribuan Hindu menunggu untuk menjadi muslim, Jalal bertanya mengapa mereka tiba-tiba memutuskan untuk menjadi muslim. Birbal mengatakan mereka dipaksa untuk menjadi muslim. Jalal tidak mengerti. Birbal menjelaskan bahwa Kerajaan mughal telah memiliki dua peraturan yang berlawanan. Sati sisi Hindu tidak dipaksa menjadi Muslim namun sisi lain Hindu harus membayar pajak sehingga terpaksa berpindah menjadi Muslim. Raja bisa mengabaikan peraturan untuk Ratu Jodha tapi tidak bisa untuk rakyatnya. Dan Islam adalah bukan agama yang memaksakan kehendak.
Jalal berada di dekat timbangan. Ketika Jalal masih bimbang Birbal datang dan mengatakan ingin mengumpulkan orang di pengadilan besok. SINOPSIS JODHA AKBAR EPISODE 339

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by http://www.facebook.com/SMNurhayati' - Premium Blogger Themes | Facebook Themes